Rabu, 05 Maret 2008

MICROSOFT OFFICE VS OPEN OFFICE

Pemberlakuan undang-undang hak cipta cukup berpengaruh besar bagi masyarakat Indonesia dalam dunia informatika. Hal ini dikarenakan software resmi keluaran microsoft yang umum digunakan masyarakat Indonesia memiliki nilai jual yang tidak sesuai dengan kondisi ekonomi bangsa kita. Misalnya harga software untuk M.S Office adalah sekitar: $ 499.95 (dalam rupiah masih sekitar 5 juta). Padahal biasanya kita memperolehnya cukup dengan mem-back up cd saja yang kisaran biayanya tidak lebih dari Rp.10.000,-

Seperti kita tahu, software M.S Office adalah elemen software dasar yang sering digunakan oleh masyarakat kita. Bisa dikatakan, M.S Office adalah salah satu software vital yang memiliki peran paling penting dalam dunia bisnis. Hal ini dikarenakan dalam M.S Office terdapat M.S word dan M.S. Excel yang telah kita ketahui benar fungsinya. Sedangkan budaya masyarakat kita masih enggan untuk beralih ke software lain (alternative software) yang memiliki fungsi sama dengan M.S Word atau M.S Ecxel. Hal ini dikarenakan masyarakat kita pada umumnya banyak yang menggunakan M.S Word atau M.S Excel, selain itu tutorialnya yang berupa buku maupun cd multimedia banyak tersedia dari berbagai macam produk.

Alternative software yang memiliki kesetaraan dengan M.S Word atau M.S Excel sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang cukup jauh. Alternative software tersebut adalah OpenOffice.org writer dan OpenOffice.org Calc. OpenOffice.org merupakan perangkat lunak yang gratis dan open source. Karena itu siapapun bisa menggunakannya tanpa dipungut biaya, dan karena open source, siapapun bisa mengakses kode sumber yang membangunnya. OpenOffice.org dikembangkan oleh komunitas OpenOffice.org yang didirikan oleh Sun Mycrosystems.

Mempelajari OpenOffice.org Writer atau OpenOffice.org Calc tidaklah sulit karena sekarang ini turorial OpenOffice.Org Writer dan OpenOffice.org Calc mudah didapatkan di toko-toko buku maupun toko komputer. Tutorial dari SimplyInteractive misalnya, sebuah perusahaan multimedia berskala nasional yang bergerak di bidang pembelajaran komputer melalui multimedia yang baru – baru ini merilis tutorial OpenOffice.org Writer dan OpenOffice.org Calc.
CD tutorial OpenOffice.org Writer dan OpenOffice.org Calc produk dari Simply Interactive menawarkan banyak kemudahan kepada para penggunanya untuk mengaplikasikan OpenOffice.org Writer maupun OpenOffice.org Calc secara maksimal. Dibandingkan dengan produk kompetitor sejenisnya, CD tutorial keluaran Simply Interactive memiliki lebih banyak keunggulan.

Tampilannya yang atraktif dengan tombol – tombol control yang bisa diatur sesuai kebutuhan menjadikan pembelajaran komputer semakin menyenangkan dan tidak membosankan. Tidak hanya itu, materi yang disediakan cukup lengkap, dimulai dari pengenalan tools dan fitur-fitur yang tersedia sampai pada soal-soal latihan. Narasinya yang menggunakan bahasa Indonesia semakin memudahkan para user pemula sekalipun untuk mengoperasikannya. Bahkan pihak perusahaan juga peduli akan keuntungan para distributornya dengan memproteksi CD sehingga tidak mudah untuk dibajak.

Apakah kita masih memaksakan diri menggunakan software yang memiliki nilai jual cukup tinggi? Atau kita terpaksa mengambil resiko besar membajak software tersebut? Keduanya bukanlah sebuah pilihan yang tepat. Meluangkan sedikit waktu tidaklah sia-sia untuk mempelajari hal-hal yang baru. Bukankah perusahaan-perusahaan multimedia seperti Simply Interactive telah memberi kita banyak kemudahan untuk mempelajari freeware-freeware tersebut? Bahkan dalam CD tutorial Simply Interactive tersebut masih diberikan bonus freeware dan shareware pilihan seperti; avg free edition, dictionari, rainlendar, bahkan sampai installer OpenOffice.org versi 2.3 itu sendiri.

Tidak ada komentar: