Kamis, 06 Maret 2008

BlenDer On Review

Blender adalah salah satu software OpenSource pengolah objek 3 dimensi. Meskipun program gratis, kemampuannya tidak kalah ampuh dengan software resmi komersil seperti 3D Studio Max atau Maya. Hardware yang dibutuhkan juga tidak perlu tinggi, mulai dari 300 MHz CPU 128 MB RAM anda sudah dapat menggunakan dan dapat dijalankan pada windows, macintosh, dan Linux.

Blender memiliki fungsi yang sangat lengkap. Dari menciptakan objek 3 D (modelling), menggerakkan objek (animasi), membuat permainan (game engine), sampai dengan compositing. Dan soal kemampuan juga tidak berbeda terlalu jauh. Blender mempunyai kelebihan di subsurf (polymodeling). Bila dibandingkan dengan software lain, Blender memiliki fitur yang cukup unik, terutama user Interface-nya (UI). Selebihnya bisa dikatakan Blender memiliki kesamaan dengan software komersil lainnya.

Output file yang dihasilkan bisa berupa flash movie (.SWF) dengan menggunakan plug in tertentu sehingga bisa digabungkan dengan aplikasi Flash anda. Untuk flash, ada plug-in script yang out-putnya ke SWF, yaitu sflender 2.6 (SWF Exporter) yang berlaku untuk Blender versi 2.36 ke atas. Out put file lainnya seperti TIFF, MultiLayer, Open EXR, DPX, Cineon, Radiance HDR, Iris, HamX, Jpeg, BMP, PNG, targa (raw), Targa, Quick Time, AVI (codec), AVI raw, AVI Jpeg, FFMpeg, dan FrameServer. Untuk AVI, anda bisa menggunakan RIVA FLV Converter untuk merubah AVI ke flash video (.FLV)

Kualitas Blender pada dunia internasional memiliki prospek yang cukup bagus di masa depan. Terbukti, produksi film setenar Spiderman (film layar lebar) pada bagian-bagian tertentunya menggunakan Blender.

Di Indonesia sendiri, banyak para animator atau artist kita tidak berani mempublikasikan karyanya hanya karena software yang mereka gunakan ilegal. Resiko menggunakan software bajakan sangat besar sejak diberlakukannya undang-undang hak cipta. Sedangkan daya beli masyarakat kita sebanding dengan harga peranti lunak tersebut. Pilihan terbaik hanyalah mempelajari OpenSource semacam Blender.

Mempelajari Blender tidaklah sesulit yang kita perkirakan. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menghilangkan pemikiran akan ketergantungan terhadap software yang umum digunakan semacam 3D Max atau Maya. Hal kedua adalah pemilihan sarana pembelajaran yang tepat.

Simply Interactive, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan via multimedia menawarkan tutorial Blender dalam bentuk CD Multimedia.. Pembelajaran dengan menggunakan tutorial produksi Simply interactive menawarkan berbagai macam kemudahan karena software ini bisa juga digunakan untuk mereka yang sama sekali belum pernah mengoperasikan Blender. Materi yang disajikan cukup lengkap, dimulai dengan pengenalan tools dan fitur-fitur yang disediakan oleh Blender. Tampilan yang atraktif dengan sub-bab yang bisa dipilih sehingga menjadikan pembelajaran tidak membosankan. Bahkan dalam CD tutorial tersebut anda akan mendapatkan soal-soal latihan untuk mengasah skill anda. Dengan harga yang cukup terjangkau, anda tidak perlu lagi mengikuti kursus-kursus yang memakan banyak biaya dan waktu yang tidak sedikit. Simply Interactive memberikan pilihan bagi mereka yang menyukai pola hidup praktis dan efektif

Anda tertarik dengan produk tutorial Blender? Silahkan hubungi saya. Cukup dengan harga Rp.40.000,- anda akan mendapatkan tutorial pembelajaran Blender sekaligus software Blender.....

Tidak ada komentar: